Kali Ini, Rindu Itu Bernama Yogyakarta

Setelah hampir genap dua tahun meninggalkan Yogyakarta dan pindah ke kota metropolitan yang berisik ini, mungkin sekarang pertama kalinya saya mengucapkan kalimat ini.

Saya rindu Yogya.

Bukan rindu yang hanya sekadar “ah kangen rumah” dan semacamnya, tapi rindu yang beneran rindu. *lah emang rindu yang nggak beneran rindu itu gimana, Ris?*

malioboro
Salah satu sudut Malioboro. (Sumber: http://www.mlampah-mlampah.com)

Kok bisa dong ngakunya selama ini nggak pernah merasa rindu terus tiba-tiba rindu?

Izinkan hamba sedikit bercerita, dua hari sudah Mas Patjar dirawat di rumah sakit. Opnamenya supermendadak karena sehari sebelumnya ketemu juga doi masih sehat walafiat lahir batin sakinah mawadah warahmah. Anyway, mendaratlah doi di RSU U*I. RSU U*I dipilih karena relatif dekat dengan tempat tinggalnya dan ada teman dekatnya yang ko-as di sana.

Bahwasanya Mas Patjar ini tak pernah sekalipun sakit yang sampai separah harus opname di rumah sakit (well, dulu pas TK pernah sih karena gegar otak), oleh karena itu sebagai patjar yang normal ya saya khawatir dong. Maka sepulang dari kantor, saya pun bergegas menuju rumah sakit tempat doi dirawat.

Setelah hampir satu jam diantar Abang Grabbike menerjang jalanan Jakarta di jam pulang kantor yang tentunya Anda sudah tahu sendiri bagaimana keadaannya, sampailah saya di rumah sakit.

Seumur hidup, yang namanya rumah sakit, saya kenalnya ya RSPR alias Rumah Sakit Panti Rapih di Yogya. Belum pernah sampai dirawat sih, puji Tuhan, tapi sering menunggu keluarga yang sedang dirawat di sana.

Sayangnya di Jakarta saya belum bisa menemukan rumah sakit yang menurut saya senyaman Panti Rapih. Yang bersih, rapi, tenaga medisnya oke, dan relatif murah biayanya. Ya nggak berharap untuk sakit dan dirawat juga sih ya tapi kan kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Rumah sakit tempat Mas Patjar dirawat kali ini mungkin nilainya cuma setengah dari RSPR.

Nah, sebelum postingan ini malah jadi postingan reviu rumah sakit, mari kita kembali kepada premis awal tulisan ini. Rindu Yogya.

Peristiwa sakitnya Mas Patjar dan segala keribetan mengurusi segala sesuatunya termasuk capeknya bolak-balik kosan-RS ini ternyata cukup menyentil saya. Jakarta keras, semua orang juga tahu. Tapi Yogyakarta sungguh-sungguh Berhati Nyaman, mungkin tidak semua orang mengalaminya.

Punya orang tua dan trah keluarga besar yang Yogya tulen tidak membuat saya merasa serta merta menjadi orang Yogya meskipun KTP jelas-jelas KTP Yogya. Ini karena saya baru sungguh-sungguh meresapi Yogya ketika duduk di bangku kuliah.

Karenanya saya tidak akan menyama-nyamakan diri dengan teman-teman yang memang orang Yogya seasli-aslinya, seumur hidup sudah tinggal di Yogya. Saya mah apa atuh, cuman pendatang penambah kemacetan di jalanan Sagan.

Tujuh tahun saya tinggal di Yogya. Turut menyumbang polusi dengan asap karbon monoksida yang hampir tidak pernah absen mengepul dari Si Biru Cina, sepeda motor kesayangan saya. Bagaimana mau absen, kegiatan sehari-hari semasa kuliah sampai bekerja ya kalau nggak kuliah, kerja, ya main dan kota-kota.

Kota-kota itu istilah untuk kegiatan muter-muter kota dengan ataupun tanpa tujuan yang pasti.

Yogya ketika awal saya jadi mahasiswa belum macet dan riuh seperti sekarang. Perjalanan rumah-kampus bisa ditempuh dalam waktu sepuluh menit saja, suatu hal yang mustahil dilakukan di Jakarta kecuali jarak rumah-kampus hanya sejauh kosan Pejambon-kantor Kemlu.

Begitupun, saya yakin sebelum-sebelumnya Yogya bahkan jauh lebih tenang dan ayem.

Dulu saya kira rasa rindu pada Yogya hanya sebatas rasa kangen pada rumah dan Mas Patjar. Tapi ternyata rasa rindu jauh melebihi itu semua. Saya rindu Yogya dengan segala partikel-partikel kecilnya.

Saya rindu Yogya dengan segala kesederhanaannya. Sesederhana perasaan bahagia saat bisa makan kenyang hanya dengan lima ribu rupiah saja. Sesederhana rasa kagum saat memandangi pucuk Merapi yang berkabut sambil melamun dari loteng rumah seusai menjemur cucian basah. Sesederhana serunya nongkrong tengah malam di nol kilometer bersama teman dan bercerita tentang apa saja.

Saya rindu Yogya dengan segala ketidakmodernan dan keterbatasannya. Saya ingat waktu itu bioskop 21 di Yogya hanya ada satu dan bagaimana saya mengeluh karenanya secara saya besar di Surabaya. Jangankan saat premier filmnya, seminggu berikutnya sudah pasti antrean pembeli tiket bioskop mengular dengan tidak sopannya.

Sekarang Yogya sudah modern. Mall sudah banyak. Bioskop tinggal pilih saja. Kafe tempat ngopi-ngopi lucu pun bisa ditemukan di mana-mana.

Saya rindu Yogya dengan keberagamannya. Pergilah ke kampus UGM dan Anda akan menemukan orang-orang dari berbagai suku bangsa. Jawa, Cina, Papua, semua ada.

Saya rindu Yogya dengan segala kemudahannya. Semudah pergi ke mana-mana dengan naik motor atau nebeng teman saja. Sayang memang sampai sekarang Yogya belum punya sistem transportasi umum yang mumpuni. Transjogja seringnya masih mitos jadwalnya. Eh, tapi ke mana-mana bisa naik becak atau ojek kok!

Sekilas pesan sponsor, sekarang di Yogya sudah ada Go-Jek, saudara-saudara.

Mungkin sampai sini Anda merasa saya terlalu mengagung-agungkan Yogya. Menjelaskan reaksi saya yang cenderung defensif jika ada orang yang nyinyir soal Yogya. Ini sih fanatisme, semu, mungkin kata Anda.

Tapi Anda memang harus tinggal dulu di Yogya untuk mampu merasakan semua rasa yang saya rasakan. Setahun, mungkin, atau dua. Belum cukup memang untuk sampai membuat Yogya mendarah daging pada diri Anda, namun saya janji Anda akan setuju dengan saya tentang kenyamanannya.

Di Yogya waktu berjalan lebih lambat, begitu selalu saya katakan pada teman-teman yang bertanya dan sebagian besar mengakuinya.

Mungkin karena memang pada dasarnya saya orangnya males mager (terlalu) santai, pace hidup saya sangat in tune dengan pace kehidupan sehari-hari di Yogya. Keharusan untuk pindah ke Jakarta itu sejujurnya neraka.

Hidup itu lucu, ya. Dulu saya memutuskan ingin kuliah di Yogya karena merasa lelah dengan kehidupan saya yang dirasa-rasa membosankan dan stagnan. Yogya yang awalnya saya jadikan tempat pelarian ternyata malah menjadi salah satu fase paling penting dalam kehidupan dan pendewasaan.

Yogya sudah terlalu banyak mengubah saya. Menambah pengalaman-pengalaman dan memberi pelajaran berharga. Yogya mengenalkan saya dengan teman-teman baru, sahabat-sahabat dekat, dan keluarga.

Terakhir tapi tak kalah penting, Yogya bagi saya juga romantis, karena telah mempertemukan tangan-tangan yang mampu saling mengisi di antara jemari, sampai saat ini. Semoga sampai nanti.

Hadeh, tulisan ini tampaknya terlalu panjang. Maaf jikalau membosankan. Tapi beneran saya sedang rindu pada kota kecil yang jika liburan alamak ramainya ini.

With Fifin
And that pretty much sums up everything. (Sumber: good people in the www)

Ini rinduku, apa rindumu?

Cheers,

RSA

Mengapa Harus Lapor : Tips bagi WNI yang Berpergian ke Luar Negeri

“Kebijakan diplomasi akan pro kepada rakyat Indonesia. Salah satunya dengan menempatkan upaya perlindungan warga Indonesia di luar negeri sebagai prioritas.”

Retno L.P. Marsudi – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia

Tim evakuasi WNI korban gempa di Nepal, Mei 2015. (Foto: Pangarso Dadung)
Tim evakuasi WNI korban gempa di Nepal, Mei 2015. (Foto: Pangarso Dadung)

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah postingan dari seorang penulis blog perjalanan papan atas Indonesia. Saya kategorikan sebagai papan atas karena beliau ini punya basis penggemar yang besar, ditambah lagi beliau sudah menelurkan beberapa judul buku yang menjadi best seller dunia penerbitan nasional.

Tulisan beliau kali ini cukup heboh di kalangan netizen. Saya perhatikan waktu itu kolom komentar lebih panjang (mungkin dua atau tiga kali lipat) dibanding tulisan sebenarnya. Saya pribadi, sih, tidak terlalu mempermasalahkan tulisan beliau. Tapi yang namanya anak muda, muncul juga dong rasa ingin tahu yang cukup besar, apalagi setelah tahu ternyata twitter beliau juga turut ramai karena postingan tersebut.

Jadi demi menunaikan tugas mulia sebagai anak muda kekinian, saya tengoklah akun twitter beliau.

Saya baca beberapa reply dan mention. Satu, dua, tiga, hmmm, oke, biasa-biasa aja tuh. Sampai mention yang kesekian membuat saya agak terkekeh.

Ada salah satu akun yang kurang lebih berkata kalau ke luar negeri itu harus sowan ke KBRI dengan komentar “Feodal banget ya.”

Lha kok feodal.

Jadi begini. Sekadar informasi. Bahwasanya memang tidak ada aturan yang secara eskplisit mengatakan kalau WNI yang berkunjung ke negara tertentu harus menyambangi KBRI, meskipun tentu hal ini sangat disarankan. Tapi yang namanya Lapor Diri ketika berada di luar negeri adalah wajib hukumnya bagi WNI. Catat: WAJIB.

Apa, sih, Lapor Diri itu?

Lapor Diri adalah sebuah sistem yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan WNI di sebuah negara. WNI melaporkan data dirinya, antara lain nama, periode dan maksud kunjungan, serta alamat dan nomor telepon selama berada di negara tersebut. KBRI akan mendata laporan yang masuk. Ketika si WNI pindah negara, otomatis dia harus melakukan Lapor Diri lagi, termasuk jika WNI tersebut sudah kembali ke tanah air.

Proses ini seyogyanya dilakukan oleh semua WNI yang berpergian ke luar negeri, baik yang menetap maupun sekadar berlibur.

Bagi WNI yang akan menetap di negara bersangkutan selama minimal 1 tahun, WNI wajib melaporkan dirinya ke KBRI terdekat sekurang-kurangnya 30 hari setelah kedatangan. Ketentuan ini disebutkan dalam UU no. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan. Bagi WNI yang tinggal sementara memang tidak diatur secara khusus, namun disarankan agar melaporkan diri dalam waktu tidak lebih dari 5 hari setelah kedatangan.

Mengapa harus lapor?

Jika memiliki data WNI yang berkunjung ke negara akreditasi, KBRI akan dengan mudah melacak WNI bersangkutan. Setidaknya KBRI tahu siapa WNI yang berkunjung sekaligus cara menghubunginya. Jangan curiga dulu, KBRI tidak akan memanfaatkan maupun menyebarluaskan data WNI pada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini semata-mata untuk berjaga-jaga jika, misalnya, mendadak terjadi situasi darurat di negara tersebut, katakanlah bencana alam atau serangan teroris atau perang.

Saya pribadi, sih, berharap tidak ada hal-hal membahayakan apa pun yang mengancam keselamatan WNI di luar negeri. Namun jika ada suatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada WNI, akan lebih mudah bagi KBRI untuk membantu WNI yang datanya sudah terdaftar dalam database KBRI.

Bayangkan jika KBRI tidak memiliki data WNI yang berkunjung ke negara akreditasi. Ketika terjadi bencana alam, gempa bumi di Nepal beberapa waktu yang lalu, misalnya, KBRI akan kesulitan memetakan jumlah dan identitas WNI yang berisiko terkena dampak bencana. Hal ini merupakan sebuah kerugian, baik di pihak KBRI maupun WNI.

Lapor Diri diperlukan agar tugas KBRI di luar negeri yang salah satunya adalah protecting alias perlindungan dapat dijalankan dengan lancar. Kerja sama WNI sangat dibutuhkan demi tercapainya tujuan ini.

Gini, deh, gampangnya. Bagaimana KBRI mau melindungi WNI di luar negeri kalau mereka nggak punya data WNI yang sedang berada di sana? Staf KBRI, kan, bukan cenayang yang bisa merasakan kedatangan WNI hanya dari aura atau embusan napas.

Proses evakuasi WNI di Tarim, Yaman. Karena menjadi diplomat bukan sekadar pergi sidang apalagi senang-senang. (Foto: Yusron Ambary, https://twitter.com/yusron_dc/media )
Proses evakuasi WNI di Tarim, Yaman, April 2015. Karena menjadi diplomat bukan sekadar pergi sidang apalagi senang-senang. (Foto: Yusron Ambary, https://twitter.com/yusron_dc/media )

Oleh karena itu, sekali lagi, saya mengetuk kesadaran dari bapak-bapak, ibu-ibu, saudara, dan saudari sekalian yang akan berpergian ke luar negeri untuk melakukan Lapor Diri segera setelah tiba di negara tujuan.

Bagaimana melakukan Lapor Diri?

Pada dasarnya Lapor Diri dapat dilakukan dengan mendatangi KBRI terdekat di negara bersangkutan. Prosesnya cepat, tidak memakan waktu lama, WNI hanya perlu membawa dokumen seperti paspor dan foto. Prosedur dan syarat Lapor Diri pada umumnya sudah terdapat di website masing-masing KBRI. Prosedur Lapor Diri bagi WNI yang berkunjung ke Inggris dan Irlandia, misalnya, dapat langsung dibaca pada laman ini.

Selain datang ke KBRI secara langsung, ada beberapa KBRI yang telah melayani proses Lapor Diri secara online, KBRI Tashkent (Uzbekistan), misalnya, yang dapat diakses pada tautan ini.

Jika KBRI di negara yang kamu kunjungi tidak menyertakan prosedur Lapor Diri ini pada website mereka (meskipun kecil kemungkinannya karena ini sudah menjadi semacam SOP), atau kemungkinan terburuknya KBRI setempat tidak memiliki website resmi, jangan sedih! Kamu tetap bisa melakukan Lapor Diri dengan cara menelepon nomor hotline KBRI bersangkutan. Daftar nomor telepon tersebut bisa kamu dapatkan di sini. Hal ini juga dapat dilakukan bagi WNI yang melakukan kunjungan super-singkat di negara tujuan.

Sebelum tiba di negara bersangkutan, ada baiknya juga untuk memberikan informasi pada KBRI setempat, in case ketika sudah tiba di negara tujuan kamu sama sekali tidak punya waktu untuk melakukan Lapor Diri. KBRI pasti akan memberikan apresiasi bagi WNI yang sadar diri melaporkan kedatangannya di negara tersebut.

By the way, semua proses ini GRATIS alias tidak dipungut biaya sama sekali.

Bagaimana? Gampang, kan?

Pelayanan Konsuler di Loket KJRI Osaka. (Foto: KJRI Osaka, http://www.kemlu.go.id/osaka/Pages/Embassies.aspx?IDP=18&l=id )
Pelayanan Konsuler di Loket KJRI Osaka. (http://www.kemlu.go.id/osaka/Pages/Embassies.aspx?IDP=18&l=id)

Proses Lapor Diri ini tidak akan melukai kamu maupun menyita banyak waktu liburanmu. Semua dapat dilakukan semudah mengangkat telepon seluler kamu dan menghubungi staf KBRI di negara destinasi kunjunganmu.

Berikut ini beberapa tautan website KBRI yang memuat informasi tentang Lapor Diri:

KJRI Vancouver (Kanada), KJRI Perth (Australia), KBRI Paris (Prancis), KBRI Tashkent (Uzbekistan), KBRI London (Inggris), KBRI Ottawa (Kanada), KBRI Washington DC (AS), KBRI Tokyo (Jepang), KBRI Beijing (RRT), KBRI Brussels (Belgia)Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI

Seandainya kamu sudah mencari informasi tentang KBRI di negara tujuan namun tidak menemukan informasi apa pun, mangga, silakan menghubungi Kementerian Luar Negeri melalui cara-cara berikut ini. Para staf di sana akan membantu kamu semaksimal mungkin dengan segenap hati.

Feodal, sih, enggak, tapi staf-staf di KBRI juga manusia yang kadang terserang home sick luar biasa sehingga jika ada WNI yang berkunjung ke KBRI pasti akan disambut dengan riang gembira (ya, asal menyambanginya bukan cuma ketika ada masalah aja, ya, hahaha).

Nah, kayaknya udah cukup panjang yah. Jarang-jarang loh saya nulis sesuatu yang sebegini seriusnya (iya tulisan kayak gini aja udah serius untuk ukuran saya).

Demikian sekilas info. Semoga dapat membantu teman-teman WNI semua yang berencana berpergian ke luar negeri. Tulisan ini tentu saja tidak sempurna, karena sempurna itu hanya milik Andra and the Backbone. Boleh dipercaya, boleh juga tidak, karena sesungguhnya hanya pada Tuhanlah manusia harus percaya.

Cheers,

RSA

Catatan: saya memakai sebutan KBRI karena masih banyak orang yang awam terhadap istilah Perwakilan RI. KBRI di sini maksudnya adalah Perwakilan RI di luar negeri yang terdekat di negara bersangkutan, bisa KBRI, KJRI, KRI, atau bahkan KDEI (Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia). Di beberapa wilayah tertentu di negara-negara tertentu ada juga Konsul Kehormatan yang operasionalnya tidak di bawah pemerintah RI secara langsung.

Ask, and It Will Be Given To You

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu”
(Matius 7:7)

Ehem, postingan kali ini mungkin akan terasa sedikit (sumpah cuman sedikit tok) religius. Tapi, semoga enggak, ah. :P

Jadi ini berawal dari berminggu lalu. Waktu itu saya terlibat percakapan yang tadinya-sih-enggak-serius-tapi-akhirnya-malah-bikin-kepikiran dengan seorang mas-mas berinisial AP.

Awalnya dia bilang (baca: ngeluh) kalau lagi sepi orderan, belum ada orang yang beli desainnya, begini, begitu. Waktu itu saya tanggapi dengan santai. Saya cuma bilang, “Kamu kurang berdoa, sih.”

Ternyata kemudian dia mengiyakan. Katanya dia kalau berdoa sering ketiduran, jadi, ya, sudahlah.

Waktu itu saya juga bilang, “Kalau yang minta aja males minta, yang dimintai bingung juga, dong, mau ngasih apa.” Kami berdua sama-sama mengamini kata-kata saya waktu itu. Kemudian kami bermain dengan karet gelang seperti yang sering dilakukan ketika masih berseragam putih-merah dulu sambil menghabiskan seporsi terang bulan.

Kesadaran akan maksud kalimat yang saya ucapkan sendiri waktu itu baru datang beberapa waktu setelahnya. Kalau dipikir-pikir, bener juga, ya. Kalau kita enggak minta, gimana Sang Pemberi tau apa yang sebenarnya kita inginkan?

Yeah, okelah, Sang Pemberi itu memang mahatau segalanya. Ibaratnya, tanpa diminta pun Dia sudah pasti tau kebutuhan kita dan mencukupkannya. Tapi, yakin, sudah cukup segitu aja?

Beberapa waktu yang lalu, di kantor maupun di gereja, saya beberapa kali mendapatkan khotbah dengan tema yang serupa. Isi khotbahnya macam-macam, tapi intinya sama: meminta. Meminta pada siapa? Ya, meminta pada Dia yang mahamemberi, dong, masak minta sama tetangga sebelah.

Disebutkan bahwa kita tidak boleh ragu untuk meminta sesuatu pada-Nya. Minta apa saja. Pasti Dia yang mahamurah akan memberikannya untuk kita. Mintalah berkat sebanyak-banyaknya dari-Nya. Dia akan memberikan berkat sebanyak, bahkan lebih banyak dari yang kita minta. Bahkan ketika Dia tampaknya tidak mengabulkan permintaan kita, akan Dia kirimkan sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kita minta.

Saya jadi (agak) tertohok. Sudah berapa banyak hal yang saya minta dan (tampaknya) tidak terkabul? Sepertinya banyak.

Setelah itu saya berpikir lagi, bertanya pada diri sendiri. Sudah tekunkah saya dalam meminta?

Kemudian saya sadar, saya belum cukup tekun meminta. Terlalu cepat menyerah. Meminta sekali, dua kali, lalu lupa.

Saya sendiri belum pernah lihat seberapa besar deposito berkat milik-Nya, sih, tapi saya percaya, Dia yang di atas sana sungguh punya stok berkat yang berlimpah untuk kita. Saking berlimpahnya bahkan dibagi-bagi untuk seluruh isi dunia ini pun berkat dari-Nya tidak akan ada habis-habisnya. Dia sangat kaya. Dan untuk mendapatkan secuil dari berkat-Nya itu, yang perlu kita lakukan hanya meminta.

Ya, meminta. Meminta dengan tekun dan kontinyu.

Setelah meminta, kita harus menunggu. Tapi bukan berarti dengan menunggu kita lantas berhenti meminta. Hanya saja di proses ini kita bisa lebih berserah pada kehendak-Nya. Nanti, kalau sudah tiba saatnya, berkat itu akan tiba, berlimpah-limpah, pada kita.

*skimming postingan ini mulai kalimat pertama sampai kalimat terbaru*

Wedeh, ini, sih, religius banget kalik, Ris! Yaudah, maap, deh. Sekali-sekali tok, kok, sumpah. :)))

Jadi, jangan ragu untuk meminta. Teruslah meminta dan tekunilah itu. Lalu percayalah, percayalah bahwa kamu akan mendapatkan yang terbaik. Tidak ada orang tua yang ketika anaknya minta roti maka akan diberinya ular, kan?

“Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.”

Hidup dari Bonus

Dari dulu saya selalu iri pada orang yang bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan ‘passion’-nya. Kalau dibayangkan, rasanya menyenangkan gitu, sih, ya, bisa melakukan sesuatu yang memang pengin dan senang dilakukan. Pasti bekerja jadi terasa lebih menyenangkan dan rasanya jadi enggak kayak lagi kerja. Rasanya, ya, seperti bermain-main, melakukan hobi. Yang kayak gitu, sih, pasti impian semua orang banget, ya. :)

Bagi saya, orang-orang semacam ini adalah orang-orang yang sangat diberkati. Kok bisa? Ya, karena mereka bisa melakukan hal yang mereka senangi setiap saat dan, hal yang paling baiknya, mereka dibayar untuk melakukannya. Kurang apa lagi coba? Dibayar untuk melakukan hobi. Siapa yang bisa nolak kalau begitu? Hehehe.

Menurut hemat saya, halah, ketika pekerjaan yang kita miliki merupakan sesuatu yang memang gemar kita lakukan, segala ‘reward’ (baca: gaji, penghasilan, fee, dsb) yang kita dapat dari pekerjaan tersebut adalah bonus. Iya, bonus.

Pengertian bonus di sini, masih menurut saya, adalah sesuatu yang kita dapatkan tanpa punya ekspektasi terhadapnya. Contohnya ketika main game lalu kita dapet nyawa tambahan atau uang karena berhasil menyelesaikan suatu misi, nah, itu namanya bonus.

Misalnya, ada orang yang hobi menggambar. Dia bekerja menjadi seorang ilustrator atau desainer atau apa pun pekerjaan yang mengharuskannya untuk menggambar. Ketika dia dibayar untuk karyanya, maka bayaran yang dia terima bisa dianggap sebagai bonus.

Begitu juga ketika orang-orang yang gemar menulis melakukan pekerjaan yang tidak jauh-jauh dari hobi mereka ini, misalnya menjadi penulis. Ada juga orang yang hobi berwisata kuliner, jalan-jalan, atau me-mix-and-match pakaian/aksesoris/make up yang kemudian menuangkan pengalaman mereka dalam food/traveling/fashion blog. Pendapatan yang mereka peroleh dari pekerjaan mereka adalah bonus karena mereka bekerja, mereka mendapatkan uang dari pekerjaan itu, tapi rasanya tidak seperti bekerja.

Bagaimana dengan saya? Saya sekarang, untungnya, termasuk salah satu orang yang hidup dari bonus. :)

Saya suka membaca dan sekarang bekerja sebagai editor buku yang, otomatis, pekerjaannya tidak jauh-jauh dari membaca. Memang baru editor pemula yang masih harus (sangat) banyak belajar, tapi saya yakin ini adalah proses yang harus dilewati untuk kemudian bisa menjadi editor (dan/atau penulis) profesional nantinya (amin). Karena pekerjaan yang saya lakukan sekarang merupakan hobi, maka gaji yang saya dapatkan dari pekerjaan ini saya anggap sebagai bonus. Saya tidak harus ‘memaksakan diri’ bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Rasanya seperti berhobi setiap hari.

Saya suka bernyanyi, khususnya di paduan suara. Saya tidak pernah berpikir untuk bekerja secara profesional di bidang ini karena sadar diri bahwa kemampuan bernyanyi saya, yah, enggak segitu hebatnya juga, sih. Hahaha. Tapi ada beberapa kesempatan di mana saya mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi saya ini. Memang tidak banyak, tapi tetap bisa untuk jajan-jajan cantik seminggu-dua minggu. Kalau yang ini, sih, jelas adalah bonus karena bukan pekerjaan tetap.

Setelah dipikir-pikir, ternyata bisa dibilang selama ini saya hidup dari bonus, ya. Bonus karena melakukan hal-hal yang menjadi kesukaan atau hobi. Bonus karena saya tidak perlu ‘memaksakan diri’ untuk melakukan sesuatu yang tidak saya sukai. Bonus yang bisa menghidupi saya dan cukup dipakai untuk berbagi dengan orang lain meskipun tidak banyak.

Kalau begitu, nikmat apa lagi yang bisa kamu dustakan, Ris? :)

Mengutip twit Joko Anwar pagi tadi, a good job is the one that doesn’t feel like a job.

Dan saya tidak bisa tidak setuju dengan pernyataan itu.

Pekerjaan itu pilihan. Apakah kamu memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu meskipun gajinya tidak terlalu besar, atau pekerjaan dengan gaji besar tapi sering harus ‘makan ati’ dalam melakukannya karena bukan passion-mu, semua itu hak masing-masing orang. Yang jelas, kalau kamu termasuk orang yang berhobi dan menghasilkan ‘bonus’ yang banyak dari pekerjaanmu itu, wah, berarti kamu adalah orang yang sangat beruntung dan diberkati! Selamat! :)

Akhirnya, semoga kita semua beruntung dengan pekerjaan apa pun yang sedang kita tekuni sekarang. Apa pun itu, semoga kita bisa melakukannya dengan sepenuh hati. Semoga!

:)

Because Quitting Smoking is Not (THAT) Easy

So, I heard today is World No Tobacco day, atau hari tanpa tembakau sedunia, atau singkatnya, hari tanpa rokok sedunia. Yeah, rokok.

Mumpung hari ini adalah hari tanpa rokok sedunia, mari kita berbincang tentang rokok.

Rokok telah lama menjadi topik perbincangan serius terutama dalam dunia kesehatan. Tidak heran memang karena menurut ahli-ahli kesehatan, rokok (yang dirokok tentu saja) bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan bagi tubuh manusia. Singkatnya, rokok bukanlah konsumsi yang sehat bagi tubuh kita.

Tentu di sini saya tidak mau berbicara mengenai rokok dari segi ilmiah. Bisa dibantai nanti saya sama dokter dan ahli-ahli kesehatan. Yang saya ingin ungkapkan di sini adalah kebiasaan merokok. Yep, smoking as a habit.

Hari ini orang ramai-ramai berkampanye stop merokok. Orang berkata ini itu yang intinya mereka mengimbau para perokok untuk berhenti merokok. Banyak dari mereka berkata kurang lebih begini: “ayo stop merokok, saya bisa, kamu pun pasti juga bisa.” Yang saya ingin tanyakan, berapa banyak dari mereka yang berkata “saya bisa, kamu pun pasti juga bisa” tadi adalah orang yang benar-benar ‘mantan’ perokok?

Oke, biar saya luruskan. Saya bukan perokok, dan tidak pernah berminat menjadi perokok. Saya juga tidak senang pada asap rokok. Of course. It’s deadly, are you kidding me? Jadi tentu saja saya sangat mendukung para perokok untuk berhenti merokok.

Tapi orang-orang yang mengimbau orang lain untuk berhenti merokok padahal mereka bahkan belum pernah merasakan rasanya mengisap rokok itu seperti apa, they are really sickening. Why? Karena mereka tidak tahu betapa sulitnya melepaskan diri dari rokok bagi orang-orang yang sudah terbiasa berkawan dengan nikotin dalam paru-paru mereka.

Biasanya imbauan untuk berhenti merokok disertai dengan peringatan akan bahayanya merokok bagi tubuh. Well, trust me, that is actually useless because smokers have understood the danger of that little thing called cigarette but they still consume it anyway. Mereka sadar betul kok bahayanya merokok, tapi karena sudah kebiasaan, ya gitu, jadi susah ditinggalkan. They live and breathe with it.

Sejauh yang saya amati, perokok akan berhenti merokok ketika mereka mulai merasakan akibat negatif dari kebiasaan itu, misalnya, terserang penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Biasanya setelah itu mereka akan berpikir ulang untuk melanjutkan kebiasaan merokoknya. Syukur-syukur jika mereka kapok dan berhenti saat itu juga.

Ada juga orang yang setelah terkena penyakit berat, seperti serangan jantung atau stroke, baru kemudian memutuskan untuk berhenti merokok. Yang jelas, tidak ada tuh, orang yang berhenti merokok hanya karena terpengaruh oleh imbauan dan retorika tentang bahayanya merokok.

Some of my closest friends (even my father) are very active smokers. Dan percaya deh, mereka tahu betul bahayanya merokok. Yeah, sebagai orang yang tidak senang (bukan anti sih, ya masak menjauhi teman sendiri hanya karena mereka merokok) pada rokok, ralat, asap rokok, tentu saya jengah juga jika mereka merokok banyak-banyak dekat saya. Jika sudah begitu saya pasti akan memosisikan diri di posisi yang berlawanan dengan arah asap dari si rokok ketika sedang nongkrong bareng.

Hal termudah untuk menjauhkan mereka dari rokok selama lagi nongkrong bareng, ya pilih tempat nongkrong atau yang tidak memungkinkan mereka untuk merokok. Yah, meskipun mereka tentu saja tidak akan betah tinggal lama-lama di non-smoking area. Hahaha. Tapi setidaknya hal itu sudah ikut mengurangi frekuensi merokok mereka meskipun hanya sedikit.

Have I told them to quit smoking? Of course I have. Tapi ya kembali lagi ke masalah di awal tadi, it is pointless to remind them again and again, they will only stop once they experience the negative effect of it.

Lantas apakah saya menyerah sampai di situ saja? Oh, tentu tidak. Kan kalau mereka merokok dekat-dekat saya, saya juga yang rugi. Yang jelas sih saya berusaha meminimalisir konsumsi rokok mereka selama bersama saya. Teguran halus cukup, kok, untuk mencegah mereka mengisap berbatang-batang rokok.

Jadi, begitulah, jika kamu belum merasakan bagaimana rasanya merokok, jangan deh mengatakan hal seperti “yuk berhenti merokok, saya bisa, kamu pasti bisa”. Kamu bisa karena kamu tidak pernah mengalaminya sendiri. Tentu mudah berkata “bisa” jika belum pernah melalui prosesnya.

Bukan saya menentang orang yang berkampanye stop merokok, lho, ya. Saya juga ingin hidup tanpa asap rokok seperti keinginan orang kebanyakan kok. Dan memang perokok yang merokok di tempat umum tanpa peduli pada sekitarnya adalah fak banget. Tapi saya paham bahwa berhenti merokok adalah hal yang sangat sulit. Butuh usaha, niat, dan dukungan yang kuat baik dari dalam diri sendiri maupun orang lain.

Percaya deh, kalau kamu berkata aku-bisa-kamu-pasti-juga-bisa seperti di atas pada perokok, mereka akan mencibirmu dan bertanya emang-elo-siapa-emang-pernah-ngerokok-juga. Jadi, mari berkampanye dengan lebih kreatif dan inovatif lagi sehingga hasilnya akan lebih positif dan efisien.

Welah, jadi panjang amat ini tulisan. Hahaha. Oke, sampai di sini saja perjumpaan kita hari ini. Sampai ketemu di waktu-waktu selo yang lainnya. Salam. :)

P.S. Tulisan ini dibuat di kala selo dan tidak bermaksud mengundang perdebatan. Cuma sedikit pendapat selo aja. Serius. :)

Banyak Drama di Akhir Minggu

Jadi, di penghujung minggu ini saya menyimpulkan bahwa ini adalah salah satu akhir minggu paling dramatis yang pernah saya lalui (atau amati). Diawali dengan kemenangan Fatin di ajang pencarian bakat X Factor, lalu perayaan Waisak yang meninggalkan banyak cerita, dan ajang musik Locstock 2 yang kisruh berakhir dengan meninggalnya ketua panitia penyelenggara. Oke. Enough said.

Pertama, kemenangan Fatin. Yeah, we all know that this talent search show is full of drama (and made based on such a lame scenario). Mulai dari jagoan-jagoan dengan suara dan kemampuan gemilang yang sudah tersisih sejak awal kompetisi, lalu ketika si juara ini menangis di salah satu episode di mana dia tampil buruk karena lupa lirik, sampai kabar bahwa ternyata acara ini sebenarnya diboncengi oleh salah satu partai peserta Pemilu tahun depan. I only thanked God that I did not watch this show at all.

Lalu ada kabar dari Borobudur, tentang perayaan Waisak yang harusnya sakral berubah menjadi atraksi wisata, karena banyaknya wisatawan dan ‘fotografer’ yang tidak tahu sopan santun. Memang tidak semua berlaku seperti itu. Saya yakin masih banyak wisatawan dan fotografer sungguhan yang memang datang karena ingin turut merasakan dan mengabadikan momen sakral ini bersama umat Budha tanpa mengganggu kekusyukan ibadah mereka. Yah, tapi tetap saja yang kena semua orang, kan? Entah siapa yang salah, pihak pengurus candi atau wisatawan berakal pendek. Yang jelas, dari artikel-artikel yang sempat saya baca, sepertinya perayaan Waisak yang sekarang sudah melenceng dari tujuan sesungguhnya yaitu ibadah hari besar umat Budha yang sakral dan khidmat.

Terakhir, ajang festival musik Locstock 2 yang berujung ricuh karena acaranya, hemm, bubar. Banyak penampil yang ternyata batal manggung karena masalah administrasi, alias pembayaran, yang tidak jelas. Bahkan acara yang terjadwal dua hari, Sabtu-Minggu, dipotong menjadi sehari saja. Show hari Minggu dibatalkan. Setelah itu terdengar kabar bahwa ketua penyelenggara membawa kabur uang yang seharusnya digunakan untuk membayar para penampil. Entah bagaimana sebenarnya duduk perkara masalah ini, yang jelas kekisruhan acara ini memicu emosi para fans yang telah terlanjur berharap banyak pada acara ini. Caci maki tanpa ujung berakhir dengan kabar meninggalnya ketua penyelenggara karena bunuh diri.

Well, saya tidak ingin memberi komentar panjang lebar untuk hal-hal di atas. Banyak orang di luar sana yang lebih pintar dari saya yang sudah puas (atau belum) membicarakannya sepanjang akhir minggu ini. Ada yang saya amini, beberapa tidak. Yang jelas, at the end of the day, I realize that sometimes life is only a puzzle of some unfortunate, tragic, and dramatic events.

Hidup itu penuh drama. Yang tidak setuju boleh angkat tangan dan keluar ruangan. Selalu ada drama di sini dan di sana, di balik kemenangan Fatin, keramaian Waisak, kekisruhan Locstock, dalam hidup saya, hidup kamu, penuh dengan drama. Ada drama yang berakhir manis, ada yang berakhir asam, bahkan pahit. Ketika berakhir manis, jangan terlena, tapi ketika pahit pun, jangan pula putus asa. Dan ketika semua drama itu berakhir, janganlah kamu lupa untuk move on. Entah berakhir manis ataupun pahit, hidup harus tetap berjalan. Hidup memang penuh drama, kawan. Mari hadapi dengan senyum menawan.

Karena semua drama pada akhirnya akan ditutup dengan kalimat: Yah, yaudahsih ya. :)

My Poor English

I just read my latest post and feel ashamed of it. Hahaha. Why? Because I wrote it in English and it was awful. And what makes me more ashamed is because I was majoring English Language at college. Well, enough said.

Since I left my previous job as content writer, I barely write anything in English. Previously, I wrote ten articles, normally, in English everyday due to my job. But now I don’t have to write anymore and I guess my English becomes dull.

So, please forgive my poor English. Everything’s gonna be better later. Hopefully. Lol. :D