Antara Menulis dan Komitmen

Kita tahu bahwa beberapa hal dalam kehidupan kita menuntut adanya komitmen ketika kita memutuskan untuk mulai melakukannya. Kenyataannya, hampir segala hal yang kita lakukan di dunia ini membutuhkan komitmen. Pekerjaan membutuhkan komitmen, studi, pacaran, pernikahan, bahkan menulis pun membutuhkan komitmen. Nggak percaya?

Coba saja kamu mulai menulis sebuah tulisan, cerita misalnya, tapi kamu tidak berkomitmen pada tulisanmu, maka tulisanmu itu nggak akan pernah selesai. Pernah dengar sebelumnya, kan, bahwa hal paling penting ketika menulis bukanlah ide atau isi tulisanmu, meskipun tentu saja isi juga sangat penting, tapi niat untuk menulis. Nah, hal kedua yang dibutuhkan setelah niat adalah komitmen. Niat ini harus dibarengi dengan komitmen untuk menyelesaikan tulisan yang sudah dimulai dengan niat tadi. Komitmen ini akan mengantar tulisan kita menuju garis finish dan membuatnya jadi tulisan yang utuh. Tulisan dengan ide hebat tapi tanpa komitmen hanya akan membawa tulisan itu sampai pada sebatas kerangka atau ide semata.

Komitmen ini juga memungkinkan kita untuk menemukan penyelesaian ketika sesuatu terjadi di tengah proses penyelesaian tulisan kita. Misalnya nih, tiba-tiba kita hilang ide dan tulisan kita macet di tengah jalan karenanya. Jika kita sudah berkomitmen untuk menyelesaikan tulisan itu, maka kita pasti akan melakukan segala cara untuk menyelesaikannya. Mbuh piye carane, tulisan itu harus selesai dengan akhir yang terbaik. Itulah kekuatan komitmen.

Jadi, niat dan komitmen harus seiring dan sejalan dalam proses menulis. Niat dibutuhkan untuk memulai tulisan dan komitmen dibutuhkan untuk tetap menghidupkan dan menjaga semangat kita dalam menulis yang akhirnya tentu berujung pada tulisan kita yang selesai dengan gemilang. Niat dan komitmen adalah hal paling penting dalam menulis. Ide memang penting, tapi dibutuhkan niat dan komitmen untuk mengeksekusi ide-ide cemerlang kita ke dalam tulisan yang tentu saja juga apik dan ciamik.

Sudahkah kamu berkomitmen pada tulisanmu? :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s